Minggu, 21 Februari 2010

Masak Nasi Tiwul

Pernah denger nasi tiwul belum? kalo anda orang jawa pasti tau dunk apa itu nasi tiwul..Makanan ini khas dari Gunung Kidul, sebuah daerah di Yogyakarta yang terkenal tandus (susah air-red), jadi padi susah tumbuh didaerah ini,makanya banyak warganya yang mengkonsumsi tiwul jika musim paceklik tiba.

 Kebetulan saya dapat tepung tiwul dari temen suami saya yang memang asli sana. Dapat 2 kilo, wadew bingung juga soalnya saya belom pernah masak sendiri. Kalo dulu pas di Klaten  sih,biasanya beli tiwul di pasar seharga 500 rupiah, meski jajanan pasar, uenaak lho..

Setelah tanya sana sini, akhirnya saya bisa juga memasak tiwul ini. Caranya mudah saja : tepung tiwul tersebut kita taruh dalam wadah/ baki lalu kita kasih air masak, lalu uleni jangan terlalu lembek, lalu kita kukus dalam dandang yang telah dipanaskan airnya sampai mendidih. Jangan lupa beri beberapa lembar daun pandan agar baunya(wengur-red) ilang. Masak sampai matang. sajikan dengan taburan kelapa parut muda dan ditaburi gula pasir..hmm.rasanya unik lho..enak disantap sebagai hidangan cemilan..=)

Makanan khas ini sekarang memang jarang dijumpai di daerah lain, jadi tidak heran jika banyak orang yang belum pernah mengkonsumsi-nya. Tapi sekarang sepertinya di supermaket sudah ada Tiwul instan lho..Nah, selamat mencoba masak tiwul ya..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar