Senin, 22 Maret 2010

Konsumsi Tepat, Manfaat Meningkat

Mengonsumsi bahan pangan tak selalu lebih baik dalam keadaan mentah. Masing-masing bahan panganan ini mempunyai keunikan tersendiri, sehingga mengonsumsi dengan tepat dapat meningkatkan penyerapan dan manfaat buat tubuh kita. Dengan kata lain, jangan asal makan =)

Ada beberapa catatan tentang beberapa bahan makanan, diantaranya :
  • Taoge dan sayuran hijau (selada,seledri, kemangi,dll) paling baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, namun jika dimasak jangan terlalu lama, jangan lebih dari 10 menit, karena khasiat gizinya kan berkurang banyak.
  • Sayuran putih seperti kembang kol sebaiknya diolah dengan cara dipotong2 lalu dimasak agar dapat meningkatkan pembentukan indol-3 karbinol yang bermanfaat mencegah kanker.
  • Buah dan sayuran ungu (anggur, blackberry, raspberry, terong, ungu,kol ungu, dll)  sebaiknya konsumsi hingga benar2 matang dari pohonnya.
  • Buah dan sayuran berwarna merah(bayam merah, paprika) paling baik dikonsumsi setelah dimasak. anda bisa mengukusnya selama 5-10 menit dengan suhu 85-110 derajat celsius/dikonsumsi bersama bahan makanan tinggi omega3 seperti ikan laut,untuk meningkatkan penyerapan likopen,betakaroten, dan kandungan vitamin lainnya.
  • Sayur dan buah yang berwarna oranye dan kuning (wortel, jeruk,ubi kuning) bisa dikonsumsi mentah,tapi juga bisa diolah seperti direbus,digoreng atau dikukus.

1 komentar: