Selasa, 20 April 2010

Sayur Bening..segerr...

Ini dia sayur kesukaan anak saya..sayur bening bayam, yang dicampur gambas dan wortel...segerr buat lunch siang2 gini...lauknya cukup tempe goreng,duh mantab...kalo mo makan sayur bayam, saya selalu bilang pada si kecil, "dek makan bayam yuk biar kuat kayak Popeye-si pelaut..tut..tut...."^_^

Dengan bahan murah meriah :
1 ikat bayam Rp 1000,-
1 buah wortel Rp 500,-
1 buah gambas Rp 700,-
cara memasaknya pun mudah dan cepat, saya biasa memasak 15 menit sebelum jam makan siang, karna sayur bayam ini tidak tahan lama, jadi segera setelah masak, sebaiknya harus segera disantap.

Tinggal didihkan air secukupnya, kasih bawang merah yg diiris2 tipis , lalu masukkan sayuran, kasih gula pasir ma garam..jadi deh..

Oya, jangan meremehkan bayam lho...Suatu studi di Amerika Serikat membuktikan, bayam mampu mengurangi risiko terserang tumor di bagian perut, kulit, paru-paru, prostat dan kandung kemih. Penelitian ini sendiri dilakukan terhadap 1200 orang, dengan usia diatas 66 tahun.

Hasilnya, mereka yang banyak mengkonsumsi sayuran kaya karoten seperti bayam, berkurang risikonya terkena kanker hingga dua pertiga kali, dibanding mereka yang kurang suka mengkonsumsi sayuran.
Dan juga, bayam ternyata mengandung vitamin C, E dan antioksidan tinggi. Sehingga, masih kata penelitian tadi, mereka yang hobby mengkonsumsi bayam akan berkurang risikonya terkena penyakit jantung.
 Daun bayam digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut serta mengobati tekanan darah rendah, kurang darah (anemia) dan gagal ginjal.

Selain itu, sayur bayam memiliki khasiat untuk mencegah hilangnya pengelihatan akibat usia yang menua (macular degeneration), penyakit kanker, katarak dan bayi lahir cacat. Bayam adalah sumber lutein dan folate yang hebat, yang membantu mencegah penyakit jantung & bayi yang lahir cacat.

Kandungan folic acid yang ada di bayam juga mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut dan mengandung B9. Vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang mengandung untuk melindungi bayi dari cacat pada bagian syaraf.

Manfaat Bayam lainnya, mengurangi pembentukan batu empedu sebab bayam kaya magnesium di samping ikan, kacang almon kering, alpukat, pisang, kismis. Sayur bayam juga memberikan zat besi pencegah anemia,jadi bagus sekali buat ibu hamil  (seperti saya).

Wow, banyak sekali ya manfaat bayam, jadi pengen makan sayur bayam stiap hari....
Bersyukurlah mereka yang hobby makan sayur murah meriah ini…;-)

2 komentar: